PANDUAN PENGEMBANGAN RPP

siswa5Prinsip-prinsip Penyusunan RPP 

1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik

      RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.

2. Mendorong partisipasi aktif peserta didik

Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, krea­tivitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.

3. Mengembangkan budaya membaca dan menulis Proses pembelajaran dirancang untuk mengembang­kan kegemaran membaca, pemahaman beragam ba­caan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.

4.  Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.

5.  Keterkaitan dan keterpaduan

RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, ke­giatan pernlielajaran, indikator pencapaian kompeten­si, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengako­modasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

6.  Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi

RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegra­si, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

 I.          Pendahuluan

Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus pembelajaran, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pedoman guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap kompetensi dasar. Oleh karena itu, yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. 

Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi  Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat standar kompetensi, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, skenario/langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian 

 II.       Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 A.    Mencantumkan identitas

  • Nama sekolah
  • Mata Pelajaran
  • Kelas/Semester
  • Alokasi Waktu

 Catatan:

  • RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
  • Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus pembelajaran yang disusun oleh satuan pendidikan
  • Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam  satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.

 B.     Mencantumkan Standar Kompetensi

Standar kompetensi adalah Standar Kompetensi yang digunakan dalam silabus pembelajaran.

 C.    Mencantumkan Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar adalah Kompetensi Dasar yang digunakan dalam silabus pembelajaran.

 D.    Mencantumkan Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran berisi  penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.

 E.     Mencantumkan Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran  adalah  materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus pembelajaran.

 F.     Mencantumkan Model/Metode Pembelajaran

 Model Pembelajaran antara lain Pembelajaran langsung, Kooperatif dan Pembelajaran berdasarkan masalah. Metode Pembelajaran dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai strategi, bergantung pada karakteristik pendekatan  yang dipilih.

 G.    Mencantumkan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan skenario/langkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Akan tetapi, dimungkinkan dalam seluruh rangkaian kegiatan, sesuai dengan karakteristik model yang dipilih, menggunakan urutan sintaks sesuai dengan modelnya. Oleh karena itu, kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup tidak harus ada dalam setiap pertemuan.

 H.    Mencantumkan  Sumber Belajar

 Pemilihan  sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus pembelajaran yang dikembangkan oleh satuan pendidikan.  Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya,  sumber belajar dalam silabus pembelajaran dituliskan buku referensi, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.

 I.       Mencantumkan Penilaian

Penilaian dijabarkan atas indikator pencapaian, teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat dituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan  teknik  tes tertulis uraian, tes praktik/kinerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.

 III. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

SMP/MTs.                         : ……………………………..

Mata Pelajaran                  : ……………………………..

Kelas/Semester                  : ……………………………..

Alokasi Waktu                  : ….. x  40 menit (…  pertemuan)

 

  1. Standar Kompetensi                  : …………………………………………………….  
  2. Kompetensi Dasar                      : …………………………………………………….
  3. Tujuan Pembelajaran                  : …………………………………………………….
  4. Materi Pembelajaran                  : ……………………………………………………. 
  5. Model/Metode Pembelajaran 
  6. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Pertemuan  2

dst.

  1. Sumber Belajar           
  2. Penilaian      
  Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Instrumen
Indikator Pencapaian adalah indikator yang digunakan dalam silabus Teknik Penilaian adalah Teknik Penilaian yang digunakan dalam silabus Bentuk Penilaian adalah Bentuk Penilaian yang digunakan dalam silabus Instrumen adalah penjabaran penilaian yang digunakan dalam silabus dalam bentuk perintah, pertanyaan atau penugasan disertai pedoman penilaian atau rubrik.

             

                                                                                       Tebing Tinggi, ……………………

Mengetahui,                                                                           Guru Mata Pelajaran,

Kepala Sekolah

 

 

………………………………                                                            ……………………………….   

NIP                                                                                                     NIP

Contoh Format Rancangan Penilaian yang Menyatu dengan RPP 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah           : ……………………………..

Mata Pelajaran : ……………………………..

Kelas/Semester : ……………………………..

Alokasi Waktu  : …… jam pelajaran (…… x pertemuan)

A.   KD                                  : ………………………………………………………

B.   Materi Pembelajaran         : ………………………………………………………

C.   Tujuan Pembelajaran         : ………………………………………………………

D.   Model/Metode Pembelajaran : ……………………………………………………

E.   Skenario/Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

      Pertemuan 1                    : ………………………………………………………

      Pertemuan 2                    : ………………………………………………………

      dst.

F.   Sumber Belajar                 : ………………………………………………………

G.   Penilaian

 

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

 

 

 

 

 

     

Keterangan :

  • Kolom Indikator disalin atau dikembangkan dari indikator yang terdapat di dalam rumusan silabus sesuai dengan KD yang bersangkutan;
  • Teknik penilaian diisi dengan teknik penilaian yang dipilih sesuai dengan karakteristik indikator, seperti tes tertulis, tes lisan, tes kinerja, tugas perseorangan, tugas kelompok, projek, produk, atau portofolio;
  • Bentuk instrumen dituliskan bentuk instrumen yang sesuai dengan teknik penilaian yang dipilih, misalnya bentuk pilihan ganda untuk teknik penilaian tertulis atau lembar tugas projek untuk teknik penilaian penugasan projek;
  • Contoh Instrumen diisi dengan contoh seperangkat atau butir-butir instrumen yang sesuai dengan bentuk instrumen yang telah dipilih.

2 pemikiran pada “PANDUAN PENGEMBANGAN RPP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s